Sabtu, 17 Maret 2012

PENGALAMAN LIBURAN

Minggu pukul 08.30, perjalanan dari Jepara dilanjutkan dengan menumpang ferry KMP Muria menuju Pulau Karimunjawa. Akses menuju Pulau Karimunjawa ini bisa dilalui melalui perjalanan laut dari Jepara atau Semarang dan melalui udara (pesawat carter) dari Semarang.
Menempuh waktu 6 jam, ferry pun sampai ke Pelabuhan Karimunjawa Minggu sore. Setelah menuju penginapan di rumah penduduk (homestay) dan beristirahat sejenak, saya dan rombongan menuju ke pelabuhan Sahbandar untuk menikmati sunset.
Pulau Menjangan Kecil, Pulau Geleang, Gosong Cemara dan Tanjung Gelam
Senin 29 Agustus 2011 pagi, perjalanan utama pun dimulai. Dengan menumpang kapal motor, rombongan menuju ke pantai Pulau Menjangan Kecil untuk ber-snorkeling melihat pemandangan bawah laut yang sungguh menakjubka
Puas melakukan snorkeling, perjalanan pun dilanjutkan ke Pulau Geleang. Dengan pantainya yang berpasir putih, air lautnya yang jernih, sungguh merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan.
Setelah makan siang dengan ikan bakar dan puas bermain-main menikmati pantai Pulau Geleang, perjalanan pun dilanjutkan ke Gosong Cemara (gosong = atol) untuk kembali melakukan snorkeling. Sayang waktu itu laut kurang tenang sehingga kami hanya sebentar saja melakukan snorkeling.
Dari Gosong Cemara, perjalanan dilanjutkan ke Tanjung Gelam, sebuah tanjung yang berada di pantai barat Pulau Karimun Jawa. Pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih pun kembali bisa dinikmati di Tanjung Gelam.
Dari Tanjung Gelam, perjalanan hari Senin 29 Agustus 2011 pun diakhiri dengan kembali lagi ke Pelabuhan Karimun Jawa dan beristirahat di penginapan.
Pulau Tengah, Pulau Kecil, Gosong Pasir Putih dan Pulau Menjangan Besar
Selasa, 30 Agustus 2011 pagi. Dengan perahu motor, perjalanan dari Pelabuhan Karimun Jawa menuju Pulau Tengah yang menempuh waktu hampir satu jam. Ombak pagi itu lumayan besar bagi kami dan cukup mengasyikkan.
Di Pulau Tengah ini, lagi-lagi kami disuguhi pantai berpasir putih dan air laut yang menawan. Kita pun bisa ber-snorkeling (walaupun saat itu rombongan kami tidak melakukannya) dan ada juga penangkaran hiu di pulau ini. Siang hari, kami pun makan siang di Pulau Tengah ini dengan menu (lagi-lagi) ikan bakar.
Hari Kamis, 1 September 2011 kami tidak melakukan perjalanan. Kami gunakan waktu yang ada untuk bersitirahat di penginapan sambil menunggu perjalanan kembali dari Karimunjawa ke Jepara esok harinya dengan ferry KMP Muria.
Itulah pengalaman saya pertama kali mengunjungi Karimunjawa. Sebuah pemandangan yang sangat indah dan eksotis bisa kita temui di sana. Salah satu kekayaan alam yang membuat kita bangga menjadi bangsa Indonesia.

1 Komentar:

Pada 1 Januari 2014 pukul 08.03 , Blogger telulas mengatakan...

kayakny mantap jadi ingin kesana
wisata pulau karimun jawa

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda